Hari Pertama Kerja Usai Lebaran, Sekda Kukar Sidak ke Mall Pelayanan Publik
.webp)
SIDAK - Sekretaris Daerah (Sekda) Kukar, Sunggono, melakukan inspeksi mendadak (sidak) untuk memastikan roda pelayanan publik kembali berputar seperti sedia kala/ kolase foto avnmedia.id
AVNMEDIA.ID - Suasana hari pertama kerja usai libur panjang Idulfitri 1446 H terasa berbeda di Mall Pelayanan Publik (MPP) Kutai Kartanegara.
Pada Selasa (8/4/2025), Sekretaris Daerah (Sekda) Kukar, Sunggono, melakukan inspeksi mendadak (sidak) untuk memastikan roda pelayanan publik kembali berputar seperti sedia kala.
Sunggono memulai kunjungannya dengan menyusuri sejumlah stand layanan di MPP yang berlokasi di kompleks Kantor Bupati Kukar.
Ia meninjau langsung pelayanan dari instansi seperti Disdukcapil, DPMPTSP, dan Samsat, memantau kesigapan para petugas yang kembali bertugas setelah cuti bersama.
“Saya ingin melihat langsung bagaimana kesiapan aparatur kita dalam memberikan pelayanan setelah libur panjang. Ini juga jadi momen untuk menyapa dan memberi semangat agar mereka kembali fokus melayani masyarakat,” tutur Sunggono.
Tak sekadar meninjau kinerja, Sekda juga menyempatkan diri bercengkerama dengan masyarakat yang tengah mengurus dokumen.
Dari perbincangan singkat itu, Sunggono menangkap satu pesan positif: kepuasan warga atas pelayanan yang cepat dan tanggap.
“Tadi saya berbicara dengan beberapa warga, dan rata-rata menyampaikan kesan positif. Mereka merasa dilayani dengan baik, cepat, dan ramah. Ini sinyal bahwa sistem kita berjalan sebagaimana mestinya,” tambahnya.
Sunggono berharap agar semangat kerja para ASN tetap terjaga, dan pelayanan publik terus ditingkatkan. Ia menegaskan, Pemkab Kukar berkomitmen untuk menghadirkan birokrasi yang responsif dan profesional, dengan menempatkan kepuasan masyarakat sebagai prioritas utama.
Kegiatan sidak ini menjadi bukti nyata dari pengawasan langsung terhadap layanan publik, sekaligus sebagai ajang refleksi dan evaluasi pasca libur panjang. Bagi Pemkab Kukar, momentum ini penting untuk memperkuat budaya kerja yang disiplin dan berorientasi pada pelayanan prima. (adv)