Vero Kenalkan MicroFluent, Inisiatif Terbaru untuk Tingkatkan Koneksi Influencer di Asia Tenggara
.webp)
MICROFLUENT - Vero luncurkan Micro Fluent/ HO
AVNMEDIA.ID - Vero, konsultan komunikasi, memperkenalkan MicroFluent, sebuah platform baru yang ditujukan bagi para content creator berkembang agar dapat terhubung dengan brand-brand ternama dalam proyek kampanye yang relevan dan autentik.
Melalui platform ini, influencer dapat bergabung dalam komunitas kreator terpercaya dari berbagai bidang dan skala.
Profil mereka akan dikurasi dan dicocokkan dengan kebutuhan kampanye, gaya komunikasi, target audiens, serta identitas brand. MicroFluent terbuka bagi kreator digital dari Indonesia, Malaysia, Thailand, Singapura, Vietnam, dan Filipina.
“Persaingan di dunia influencer kini sangat ketat, dan mendapatkan peluang kerja sama dengan brand menjadi tantangan tersendiri,” ujar Umaporn Whittaker-Thompson, Chief Commercial Officer Vero dalam keterangan diterima Avnmedia.id, Selasa (10/6/2025).
“Kami menghadirkan MicroFluent sebagai solusi alternatif bagi kreator di Asia Tenggara yang ingin menjalin kolaborasi dengan brand yang selaras dengan nilai dan visi mereka," lanjutnya.
Platform ini dikelola langsung oleh tim spesialis influencer marketing Vero yang tersebar di Asia Tenggara.
Tujuannya adalah membantu para kreator menonjol di tengah gempuran konten media sosial, memperluas jangkauan audiens mereka, dan menjalin hubungan jangka panjang dengan brand maupun sesama influencer dengan visi serupa.
Sebagai anggota MicroFluent, para influencer akan memperoleh akses eksklusif ke peluang kerja sama yang telah dikurasi secara strategis, mulai dari sponsorship, endorsement produk, kampanye digital, hingga partisipasi dalam berbagai event.
Selain itu, mereka juga akan diundang mengikuti lokakarya, survei, dan acara Happy Hours—forum interaktif untuk membangun jejaring secara santai di luar ruang profesional.
Melalui proses kurasi yang terstruktur, Vero dapat mencocokkan profil kreator dengan brand yang relevan, menilai kesesuaian audiens, dan menyelaraskan pendekatan naratif.
Untuk menunjang proses ini, Vero mengandalkan teknologi miliknya, TrueVibe—alat analitik yang telah ditingkatkan guna mendukung pengambilan keputusan strategis dan pemilihan influencer yang tepat untuk setiap kampanye.
Bagi brand, kehadiran MicroFluent memberi akses langsung ke jaringan kreator Vero yang otentik, beragam, dan memiliki pengaruh nyata di komunitasnya.
Platform ini juga membantu mempercepat proses identifikasi mitra yang tepat dan meningkatkan efektivitas kampanye dengan hasil yang lebih terukur.
“Masih banyak kreator berbakat yang belum punya akses ke peluang besar,” kata Claudia Pusung, KOL and Influencer Relations Manager Vero untuk Indonesia.
“MicroFluent hadir sebagai ruang untuk menumbuhkan talenta-talenta baru—bukan hanya membuka kesempatan, tapi juga mendukung perkembangan, pembelajaran, dan komunitas.”
Peluncuran MicroFluent menjadi bagian dari upaya ekspansi Vero dalam kepemimpinan pasar influencer marketing.
Setelah meraih penghargaan Southeast Asia Influencer Marketing Agency of the Year 2024 dari Campaign Asia-Pacific, Vero terus memperkuat pendekatan berbasis cerita, strategi media organik, serta inovasi dalam menjawab tantangan industri yang semakin kompleks.
“Filosofi kami dalam pemasaran influencer adalah bahwa keberhasilan kreator dan brand akan tumbuh secara seimbang ketika influencer diberdayakan untuk membawa suara asli mereka ke dalam kampanye,” tutur Brian Griffin, CEO Vero.
“Semua program kami didasarkan pada prinsip ini—kami ingin memaksimalkan potensi para influencer secara bertanggung jawab, transparan, dan bermakna.”
Industri influencer marketing di Asia Tenggara diperkirakan akan tumbuh dua digit antara 2024 hingga 2028, dengan nilai pasar mencapai lebih dari USD 1 miliar dalam tiga tahun mendatang.
Di tengah tren peningkatan alokasi anggaran untuk kemitraan strategis, platform seperti MicroFluent menjadi semakin relevan dalam membangun ekosistem kreator yang profesional dan berkelanjutan di kawasan ini. (jas)