Penampakan Stasiun Pengisian Daya Ultra Cepat BYD, 5 Menit Bisa Isi Daya Tempuh hingga 400 Km

Penampakan pengisian daya ultra cepat BYD/ Carnewschina
AVNMEDIA.ID - Produsen mobil listrik asal China, BYD, akan segera memasang stasiun pengisian daya ultra cepat berdaya 1000 kW di berbagai wilayah di China.
Sebanyak 500 unit pertama akan mulai beroperasi pada awal April, sebagai persiapan peluncuran dua mobil listrik terbarunya: sedan Han L dan SUV Tang L.
BYD pertama kali memperkenalkan “Megawatt Flash Charger” ini pada 17 Maret lalu. Teknologi ini diklaim mampu mengisi daya sejauh 400 km hanya dalam 5 menit.
Charger ini menjadi yang pertama di dunia dengan kemampuan menangani 1.000 volt dan 1.000 ampere. Sebagai perbandingan, charger tercepat milik Tesla saat ini (V4 Supercharger Cabinet) hanya memiliki daya maksimum 500 kW—yang berarti kemampuan BYD dua kali lebih besar.
BYD berencana membangun 4.000 stasiun pengisian 1MW, dan kini sudah mengonfirmasi bahwa batch pertama sebanyak 500 unit akan beroperasi bulan April, seperti disampaikan oleh Li Yunfei, General Manager Brand BYD.
“Masih ada yang ragu atau tidak percaya. Tapi gaya BYD memang seperti ini—begitu diumumkan, langsung produksi massal. Bulan April nanti, 500 unit charger 1000 kW akan tersedia,” ujar Li dikutip dari CarnewsChina.
Menariknya, stasiun pengisian ini akan dilengkapi sistem penyimpanan energi (battery storage). Jadi, meskipun daerah sekitar tidak memiliki pasokan listrik yang cukup kuat, charger tetap bisa mengalirkan daya penuh hingga 1000 kW berkat cadangan energi internalnya.
Teknologi charger 1MW ini adalah bagian dari Super e-Platform milik BYD. Platform ini juga mencakup teknologi seperti motor 30.000 rpm, sistem pengisian ganda, dan baterai dengan kecepatan pengisian hingga 10C—artinya bisa mengisi daya 10 kali lebih cepat dari standar normal.
Pengisian Ganda, Kecepatan Maksimal
Mobil listrik Han L dan Tang L bahkan bisa diisi dengan dua colokan sekaligus untuk mempercepat waktu pengisian. Teknologi ini bukan hal baru bagi BYD—mereka sebelumnya sudah mengujinya pada Denza D9 tiga tahun lalu.
Meskipun disebut "1000 kW charger", stasiun ini sebenarnya mampu mengeluarkan daya puncak hingga 1.360 kW. Namun, sistem baterai Han L dan Tang L saat ini hanya bisa menerima daya hingga 1000 kW. Dalam sebuah video demonstrasi, Han L terlihat bisa mengisi 2 km per detik hanya dengan satu colokan pengisi daya.
Dua Mobil Andalan, Siap Rilis April
Han L dan Tang L adalah mobil flagship terbaru BYD. Keduanya mulai dibuka untuk pre-order di China sejak 17 Maret dengan harga mulai dari 270.000 yuan (sekitar Rp 598 juta). Mobil-mobil ini punya performa luar biasa: akselerasi 0–100 km/jam dalam dua detik lebih, tenaga lebih dari 1000 hp, sistem kelistrikan 1000V, dan dukungan pengisian ultra cepat 10C.
Secara teknis dan performa, keduanya hampir identik. Perbedaannya hanya pada bentuk: Han L adalah sedan, sedangkan Tang L adalah SUV.
Keduanya akan resmi diluncurkan pada bulan April dan tampil perdana di Shanghai Auto Show pada akhir bulan. (jas)